Tips sukses kuliah sambil bekerja

Panduan Sukses Kuliah Sambil Kerja, Lakukan 5 Tips Berikut Ini

Sebagai seorang mahasiswa tentu harus mempunyai wawasan dan pengalaman yang luas, bukan tidak mungkin mencari pekerjaan sambilan saat masih menempuh studi.

Saat menjadi mahasiswa tentu akan mempunyai waktu dan rutinitas yang sangat berbeda dengan saat masih duduk di bangku sekolahan. Waktu belajar di kampus tergantung dari jadwal dan bahkan tergantung juga dari dosen yang bersangkutan.

Bisa jadi pukul 07:00-08:30 ada kelas dan kemudian pukul 08:30-12:00 kosong, lalu pukul 13:00-14:30 ada kelas lagi, selebihnya pukul 14:30 sudah selesai kuliah.

Waktu seperti di atas tentu sangat dilematis mengingat kelas terjadi pada pagi dan sore hari saja. Di waktu yang senggang tersebut akan lebih baik jika diisi dengan kegiatan yang produktif apa lagi menghasilkan uang.

Untuk kamu yang ingin kuliah sambil kerja maka ikutilah 5 tips di bawah ini.

1. Buat Jadwal Kuliah Mengikuti Jadwal Mengajar Dosen

Membuat jadwal kuliah mengikuti jadwal mengajar dosen
Membuat jadwal kuliah mengikuti jadwal mengajar dosen. (timecenter.com)

Tahu kah kamu jika saat kuliah kita bisa bebas memilih kelas mata kuliah sesuai dengan yang kita inginkan? Hal ini dapat kamu lakukan asal dosen tersebut adalah dosen di kelas aslimu.

Misal dosen A mengajar mata kuliah Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat di 3 kelas yang berbeda di jurusan Kesehatan Masyarakat Kelas 1A, 1B dan 1C.

Kamu dapat mengikuti mata kuliah Pengantar Ilmu Kesehatan Masyarakat tersebut di salah satu kelas yang diajar oleh dosen A. Entah itu kelas 1A, 1B atau 1C.

Setiap kampus mempunyai peraturannya sendiri-sendiri, coba tanyakan kepada dosen yang bersangkutan dan minta izinlah untuk mengikuti kelas sesuai dengan jam yang kamu inginkan.

Dengan begitu, kamu dapat menyusun jadwal kuliah sendiri sesuai dengan yang kamu inginkan. Karena sore hari kamu akan bekerja, maka carilah jadwal seluruh dosen dan raciklah menjadi jadwal yang memungkinkan sebelum sore hari seluruh mata kuliah telah kamu ikuti.

2. Cari Seluruh Lowongan Pekerjaan dan Cocokkan dengan Jadwal Kuliah

Cari Seluruh Lowongan Pekerjaan dan Cocokkan dengan Jadwal Kuliah
Cari Seluruh Lowongan Pekerjaan dan Cocokkan dengan Jadwal Kuliah. (magazine.job)

Setelah mempunyai jadwal kuliah yang sedemikian rupa sesuai dengan yang kamu inginkan. Kini saatnya untuk mencari seluruh lowongan pekerjaan yang masuknya sore atau malam hari.

Banyak situs atau aplikasi untuk mencari lowongan pekerjaan, mulai dari Jobstreet, Indeed, Jobs.id hingga OLX.co.id. Carilah sebanyak mungkin lowongan pekerjaan yang dapat menerima mahasiswa.

Beberapa perusahaan dapat menerima mahasiswa untuk menjadi karyawan berposisi full-time, part-time atau freelance. Apa pun itu carilah yang sesuai dengan minat dan bakatmu.

Lamarlah satu persatu perusahaan tersebut dengan melampirkan jadwal kuliahmu, agar perusahaan dapat mempertimbangkan dan memposisikan kamu sesuai dengan jadwal kuliah yang kamu miliki.

3. Mengatasi Jam Kuliah dan Bekerja yang Bentrok

Mengatasi jam kuliah dan bekerja bentrok
Mengatasi jam kuliah dan bekerja bentrok. (carew.com)

Saat kamu sudah menjadi mahasiswa sambil bekerja tentu ada kalanya akan menemui jam kuliah dan jam bekerja bentrok karena suatu hal.

Sebagai mahasiswa tentu harus bisa cerdik untuk mengatasi masalah seperti ini. Jangan mengorbankan salah satu ya, ambil semuanya dengan cara mengatur ulang jadwal kuliah.

Ingat di point pertama, jika satu dosen bisa mengajar di banyak kelas. Maka kamu masih bisa mengambil kuliah di kelas dan jam lain. Berbeda cerita jika kamu mengorbankan pekerjaan yang tidak diubah jadwalnya.

4. Luangkan Waktu Liburmu untuk Belajar

Luangkan waktu liburmu untuk belajar
Luangkan waktu liburmu untuk belajar. (newschool.edu)

Kuliah sambil bekerja membuat waktu belajar mata kuliah yang kamu ambil akan sangat minim. Oleh sebab itu gunakanlah waktu libur kamu untuk mempelajari mata kuliah yang kamu anggap tertinggal.

Kamu dapat mengunjungi perpustakaan atau menemui teman untuk meminta bantuan mengajari mata kuliah yang kamu anggap butuh dan penting.

Mengulang mata kuliah di semester berikutnya amatlah tidak menyenangkan. Maka gunakanlah waktu liburmu untuk belajar sebaik mungkin.

5. Jangan Lari dari Masalah dan Selesaikan Tanggung Jawabmu

Jangan lari dari masalah dan selesaikan tanggung jawabmu
Jangan lari dari masalah dan selesaikan tanggung jawabmu. (nycfashionrebel.com)

Tidak selamanya bekerja sambil kuliah itu berjalan mulus tanpa ada masalah. Saat kamu memutuskan untuk kuliah sambil kerja, pahamilah bahwa ini bukanlah main-main.

Sekecil apa pun perusahaanmu dan seremeh apa pun tanggung jawabmu, jangan pernah lari dari masalah tersebut. Selesaikan dan buat pertimbangan kedepannya, ingin tetap lanjut bekerja sambil kuliah atau tidak.

Setiap masalah yang dapat kamu selesaikan tanpa mengorbankan salah satu tanggung jawab antara bekerja dan kuliah akan membuat kamu semakin matang dan dewasa.

Itulah 5 tips sukses kuliah sambil kerja yang dapat kamu terapkan di dunia nyata.

Ingin kerja sambil kuliah sebagai caregiver? Kamu dapat mengikuti program Kerja Sambil Kuliah yang diadakan oleh Insan Medika menggandeng Universitas Respati Indonesia. Lihat caranya.

Baca juga: Gaji Lebih Besar? Berikut Kelebihan Kerja Sambil Kuliah Sebagai Caregiver

Related Posts

Leave a Reply

1
Hai kamu. :) Ada yang bisa admin bantu? Yuk chat sekarang. Admin siap membantu kamu kok. :D
Powered by